GEJALA DISLEKSIA

Mengenal Gejala Disleksia Sedini Mungkin – Disleksia bisa dikatakan bukan merupakan sebuah penyakit yang berbahaya. Disleksia secara fisik tidak terlihat perbedaannya dengan anak normal lainnya. Biasanya orang yang mengalami disleksia pada umumnya sulit berkonsentrasi dan tidak dapat menerima perintah yang banyak. Mereka akan mengalami kebingungan pada saat akan melakukan perintah tersebut. Penyakit Disleksia ini biasanya merupakan penyakit keturunan dari orangtua yang juga mengidap penyakit Disleksia.

Kata Disleksia sendiri berasal dari Yunani yaitu Dys yang berarti Kesulitan dan Lexis yang berarti perkataan. Dengan kata lain Disleksia merupakan penyakit dimana orang tidak mampu mengenal tulisan, membaca, mendengar dan berbicara dengan baik.

Disleksia dapat dialami oleh semua jenis umur tapi biasanya sering terjadi pada anak-anak karena penyakit ini merpakan faktor keturunan. Apabila orangtua nya mengidap Disleksia maka besar kemungkinan anaknya akan mengalami Disleksia juga. Orang yang mengalami hal ini sebenarnya tidak memerlukan obat-obatan hanya saja dibutuhkan program-program perawatan yang dapat mengurangi disleksia tersebut.

Ada beberapa Jenis Disleksia saat ini yaitu :

Disleksia Visual (Penglihatan)

Kesulitan utama yang dialami penderita Disleksia adalah untuk mengingat dan mengenal abjad atau tulisan-tulisan. Semua huruf yang tertulis susah untuk mereka terjemahkan.

Disleksia Auditori

Disleksia jenis ini merupakan penyakit yang sulit mengingat bunyi dari abjad atau huruf dan perkataan. Mereka sulit dalam membedakan bunyi huruf vokal dan konsonan.

Disleksia Visual Auditori

Orang yang mengalami disleksia jenis ini akan kesulitan dalam melihat dan mendengar karena kelemahan untuk memproses tulisan secara visual dan audio.

Penderita Disleksia juga biasanya pada saat mereka membaca tulisan akan terbalik. Bahkan tidak hanya terbalik tapi ada juga yang membaca dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah atau sebaliknya. Ada dua penyebab penyakit Disleksia yaitu evelopmental dyslexsia adalah disleksia bawaan dari lahir dan biasanya apabila disleksia diderita dari lahir akan dialami seumur hidup. Selanjutnya Aquired Dyslexsia merupakan gangguan atau perubahan cara otak kiri membaca.

Gejala Disleksia

Mengenal Gejala Disleksia Sedini Mungkin harus dilakukan oleh para orangtua agar dapat diberikan program-program yang dapat membantu mengurangi disleksia tersebut. Gejala Disleksia memang sedikit sulit dikenali. Biasanya gejala disleksia pada anak-anak dapat terlihat pada masa mereka sekolah. Ada beberapa macam Gejala Disleksia, yaitu :

  • Terlambat Berbicara
  • Menambah kosakata dengan lambat
  • Bermasalah dalam konsentrasi
  • Sulit memahami perkataan orang lain
  • Tidak bisa menerima perintah dalam porsi yang banyak
  • Tidak bisa diberikan pertanyaan dengan panjang dan lebar
  • Membaca dengan terbalik. Misal ‘Lama’ menjadi ‘amal’

Tumbuh Kembang seorang anak memang harus sangat diperhatikan. Kita harus banyak mencari tau tentang perkembangan anak yang wajar pada usianya. Anak dengan penyakit Disleksia harus mendapatkan penanganan pendidikan multisensor. Orangtua juga harus selalu mendukung dalam proses pengobatan disleksia ini agar anak tidak merasa bahwa dirinya mempunyai perbedaan dengan orang yang normal. Jangan pernah takut dengan penyakit disleksia. Tokoh-tokoh terkenal di dunia pun ada yang mengalami Disleksia seperti Albert Einstein, Tom Cruise, bella Thorne dan masih banyak lagi.